Resume Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 


Pemateri: Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI)


Menggali kembali makna nilai- nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi
radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045.Selain itu pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menagkal paham radikalisme.

Pancasila dan Pembangunan

    Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

    Pembangunan Nasional adalah untuk manusia Indonesia,di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

    Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan  dunai tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak.

    Oleh sebab itulah pembangunan nasional hendaklah mewujudkan tujuan tersebut.

Peran Nahdlatul Ulama dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas

    Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda untuk berpatisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila.

    Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan, Nahdlatul Ulama menerapkan prinsip dasar yaitu tawazun, tasamuh, tawasut dan i'tidal dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

Resume Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas

Resume Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa